Verified

Sejumlah Hunian Terkena Restorasi Joyokusuman

23:42 Feb 15 2016 Gajahan, Surakarta

Description
KLIPING - SOLO (KRjogja.com) - Sejumlah hunian di sekitar nDalem Joyokusuman yang bakal terkena penataan restorasi Bangunan Cagar Budaya (BCB) tersebut, diketahui tidak dilengkapi sertifikat hak milik. Meski begitu, status kepemilikan dilengkapi dokumen perjanjian jual beli yang dikukuhkan lewat akte notaris.

Sejauh ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo masih mempelajari dokumen-dokumen yang dimiliki penghuni di dekat gerbang utama nDalem Joyokusuman, jelas Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Sutarjo, terutama terkait transaksi jual beli. Dari hasil pendataan sementara, tambahnya, menjawab wartawan, di Balaikota Solo, Senuin (15/2), transaksi jual beli dilakukan pada tahun 1962, kemudian akta notaris dibuat pada tahun 1974. Sedangkan penghuni yang berdasar hasil pendataan sementara berjumlah empat Kepala Keluarga (KK), pada umumnya sudah turun waris, sehingga perlu pencermatan lebih lanjut.

Sesuai kapasitas dan kewenangan, menurut Sutarjo, Satpol PP hanya sebatas melakukan pendataan hunian, sosialisasi rencana restorasi nDalem Joyokusuman, serta memastikan status tanah dan bangunan milik warga. "Penanganan lebih lanjut, termasuk kemungkinan relokasi atau pemecahan lain, menjadi kewenangan walikota," ujar Sutarjo sembari menyebut, proses pendataan diperkirakan rampung dalam pekan ini.

Terpisah Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK), Agus Joko Witiarso menyebutkan, restorasi nDalem Joyokusuman yang dihibahkan pemerintah pusat kepada Pemkot Solo dua pekan lalu, memang sangat mendesak. Restorasi tak hanya sebatas merehabilitasi bangunan yang saat ini dalam kondisi rusajk parah, tetapi juga penataan kawasan. Diperkirakan, biaya restorasi mencapai Rp 25 miliar, termasuk penataan lingkungan, dengan membangun koridor akses masuk yang saat ini tertutup hunian warga. (Hut)
Credibility: UP DOWN 0
Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
Captcha

Additional Reports

Proposal Selesai, Revitalisasi Ndalem Joyokusuman Siap Diajukan

21:18 Feb 16, 2016

Gajahan, Surakarta, 0 Kms

4 Keluarga Penghuni Lahan Dalem Joyokusuman Didata

21:30 Feb 19, 2016

Gajahan, Surakarta, 0.02 Kms

LABELISASI BCB: Keraton Menolak - Solopos

15:20 Nov 09, 2012

Surakarta, 0.29 Kms

Kirab Pusaka Satu Suro Meriahkan Solo

23:24 Nov 04, 2013

Surakarta, 0.34 Kms