Verified

Situs Cagar Budaya Samungkeng Teracam Akibat Aktivitas Tambang Marmer

21:01 Feb 16 2016 Leang-Leang, Bantimurung, Maros

Description
KLIPING - MAROS,Liranews–Aktivitas empat perusahaan tambang marmer yang berlokasi di Kelurahan Leang-leang, Kabupaten Maros, dapat mengacam situs cagar budaya samungkeng, pasalnya keempat perusahaan tersebut hanya berjarak beberapa meter dari lokasi situs budaya Samungkeng.

Menurut pengelola taman pra-sejarah Leang-leang jarak penyangga situs sekitar 500 meter dan tidak bisa dibanguni apapun terlebih ditambang.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Maros, Mustafa, tidak tahu menahu atas persoalan tersebut dikarenakan dirinya merupakan Kepala Dinas baru. ” Saya tidak berani mencabut izin yang sudah ada,” ucapnya.

Selain itu salah satu staf bidang pertambangan, Iksan, menambahkan bahwa keberadaan Tambang Marmer yang berlokasi di wilayah situs merupakan rekomendasi BP3 yang sekarang berubah nama menjadi BPCB.

“Kami berani merekomendasikan ke SINTAP karna ada rekomendasi dari BP3,”tambah Iksan.

Kepala dinas SINTAP, Andi Rosman, saat ditemui diruangannya mengatakan bahwa keberadaan tambang diarea situs merupakan tanggung jawab Dinas Pertambangan.

“Persoalan izin yang terbit itu karna adanya rekomendasi dari Dinas Pertambangan selaku tehnisi dilapangan, persoalan adanya situs dilokasi pasti dia lebih memahami karna memiliki titik kordinat dan dia berhak menolak rekomendasi dari mana saja,” kilahnya.
Credibility: UP DOWN 0
Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
Captcha

Additional Reports

Benteng Somba Opu

13:25 Mar 24, 2012

benteng Somba Opu, 17.78 Kms

Rumah Tinggal Pasar Ikan Dihancurkan

18:04 Sep 13, 2012

Makassar, 21.94 Kms

Al-Quran Tua di Museum Balla Lompoa Tak Terawat

19:15 May 01, 2012

Makassar, 23.44 Kms

Baju Pokko di Desa Adat Ammatoa

15:40 Jul 01, 2015

Kajang, Bulukumba, 48.66 Kms