Verified

BPCB Sebut Ada Dua Opsi Pemugaran Candi Kalasan

20:57 Jul 10 2015 Kalasan, Sleman

Description
KLIPING - REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pejabat pada Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta menyatakan, ada dua opsi dalam pemugaran Candi Kalasan di Dusun Kalibening, Tirtomartani, Kalasan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang mengalami pelapukan pada batuannya sehingga rawan roboh.

"Kami masih akan berkoordinasi dengan staf ahli dari pusat untuk menentukan opsi pemugaran. Yaitu dilakukan antara parsial atau seluruhnya dibongkar. Ada dua opsi, secara total atau sebagian saja yang dibongkar," kata Kepala Seksi Perlindungan Pengembangan dan Pemanfaatan, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Yogyakarta, Wahyu Astuti, Jumat (10/7).

Menurut dia, Candi Kalasan merupakan situs warisan budaya yang mempunyai Surat Keputusan (SK) dari pusat. Selain itu juga, pemugaran candi ini membutuhkan dana yang cukup besar. "Setelah lebaran ini, kami akan rapat sekali lagi dengan pihak staf ahli pusat," katanya.

Ia mengatakan proses persiapan pemugaran Candi Kalasan yang mengalami pelapukan akan membutuhkan waktu lebih dari setahun, sehingga pengerjaannya kemungkinan baru bisa dimulai pada 2017.

"Setelah pertemuan dengan tim ahli pusat, maka selama 2016 kami akan membuat 'detail design' (DED). Dari mulai DED pemugaran, penguatan, konservasi, hingga penataan lingkungan. Setelah DED-nya selesai, baru dikerjakan pemugaran yang rencananya pada 2017," katanya.

Wahyu mengatakan, saat ini kondisi Candi Kalasan sudah waktunya untuk diperbaiki. Selain karena bebatuan candi mengalami pelapukan, juga sering banjir ketika musim hujan.

"Dalam penataan lingkungan nanti bagaimana memikirkan pengerukannya, butuh gorong-gorong agar saluran airnya tak menyebabkan banjir," katanya.

Ia mengatakan, untuk mengatasi pelapukan pada batu candi, beberapa bahan telah disiapkannya agar bisa menguatkan. Namun, masih dipertimbangkan apakah baik untuk bebatuannya atau tidak. "Sekarang sedang kami kaji bahan-bahan untuk mengatasi pelapukan tersebut," katanya.

Kepala BPCB Yogyakarta Tri Hartono mengatakan, untuk studi pelestarian yang telah dilakukan sejak beberapa minggu terakhir ini sudah akan selesai. Yang memang menghasilkan beberapa kesimpulan, mengenai perlunya dilakukan pemugaran ini.

"Setelah studi pelestarian ini, juga nantinya dilakukan evaluasi dan membuat beberapa kesimpulan untuk pemugaran nanti," katanya.


Features
Credibility: UP DOWN 0
Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
Captcha

Additional Reports

Pertunjukan Sendra Tari Ramayana

18:25 Nov 21, 2012

Prambanan, 1.53 Kms

Sendratari Ramayana di Prambanan

20:25 Jul 14, 2012

Prambanan, 1.54 Kms

Studi Lapangan di Candi Prambanan

13:50 Sep 15, 2012

Prambanan, 1.68 Kms

Kompleks Candi Prambanan

01:06 Nov 24, 2012

Prambanan, 1.68 Kms