Verified

Kerap Kebanjiran, Pemprov DKI Akan Renovasi Masjid Tertua di Jakarta

22:35 Jul 6 2015 Jl Sawalio, Tambora, Jakarta Barat

Description
KLIPING -

Jakarta - Dalam rangkaian safari Ramadan kali ini, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat berbuka puasa di masjid tertua di Jakarta, Masjid Jami Al Mansur, Jalan Sawalio, Tambora, Jakarta Barat, Senin (6/7) malam.

Ditengah-tengah berbuka puasa dengan warga dan kaum ulama di daerah Tambora, Djarot mengatakan Masjid Jami Al Mansur telah berdiri sejak tahun 1717. Karena itu, bangunan masjid ini dimasukkan dalam bangunan cagar budaya yang dilindungi. “Masjid ini masuk dalam cagar budaya karena usianya yang cukup tua. Masjid ini berdiri tahun 1717,” kata Djarot di Masjid Jami Al Mansur.

Diungkapkannya, kondisi masjid ini sudah cukup memprihatinkan karena kerap kali terkena musibah banjir bila musim penghujan datang. Hal itu dikarenakan fungsi drainase di sekitar masjid tersebut kurang baik sehingga tidak dapat menampung aliran air hujan.

“Penyebab banjir yang melanda masjid karena fungsi drainase di sekitar kawasan masjid ini kurang baik. Jadi kita akan segera memperbaiki drainase di sekitar masjid,” ujarnya.

Selain memperbaiki sistem drainase, Pemprov DKI juga akan melakukan renovasi terhadap fisik bangunan Masjid Jami Al Mansur. Namun, perbaikan fisik bangunan tidak boleh menghilangkan bangunan-bangunan lama. Karena bangunan yang masuk dalam cagar budaya, bila dilakukan rehab tidak boleh menghilangkan unsur bangunan bersejarah.

“Kita akan rehab masjid ini dengan catatan, empat tiang pilar yang berdiri tetap dipertahankan. Tidak boleh dirobohkan. Ini bukti sejarah yang kelak nanti anak cucu kita masih melihat bahwa di masjid ini tempat syiar agama islam di Jakarta," jelas mantan anggota DPRD Jawa Timur ini.

Suasana safari Ramadan yang digelar di Masjid Jami Al Mansur berbeda dengan safari Ramadan lainnya. Sebab, di sela - sela kegiatan berbuka puasa bersama warga dan pengurus masjid, Djarot mendapat kejutan ulang tahun dari istri dan ketiga putri, serta wartawan Balaikota.

Djarot terkejut di saat wartawan, istri dan ketiga putrinya hadir di Masjid Jami Al Mansur sambil membawa kue ulang tahun dengan lilin angka 53 diatas kue ulang tahun tersebut. Serta merta, para warga dan pengurus masjid yang tidak tahu Djarot berulang tahun, ramai-ramai bersalaman mengucapkan ulang tahun kepada mantan Wali Kota Blitar ini.

Setelah meniup lilin kue ulang tahun, Djarot memotong tumpeng, lalu memberikan potongan tumpeng pertama kepada istri, Happy Farida.

Lenny Tristia Tambun/AF
Credibility: UP DOWN 0
Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
Captcha

Additional Reports

Masjid Tua yang Jadi Cagar Budaya Kurang Diperhatikan Permerintah

15:39 Jul 09, 2015

Jl. Pekojan Raya No.71 Tambora, Jakarta, 0.35 Kms

Sisi Lestari Stasiun Jakarta Kota

20:56 Jul 26, 2012

Jakarta, 0.83 Kms

Kunjungan ke Kota Tua dan Pecinan Petak Sembilan

21:15 Dec 11, 2014

Jakarta Utara, 0.9 Kms

Kondisi beberapa prasasti di Museum Taman Prasasti

01:12 Mar 22, 2012

Jakarta, 1.98 Kms