Verified

Ponten Ngebrusan Mulai Direvitalisasi

19:42 Oct 21 2013 Surakarta

Description
KLIPING - Solopos.com, SOLO – Fasilitas mandi cuci kakus (MCK) kuno atau ponten di Kelurahan Ketelan Banjarsari mulai direvitalisasi. Rencananya, ponten peninggalan Mangkunegara VII ini bakal diarahkan menjadi objek wisata di wilayah bantaran Kali Pepe.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota (DTRK) Solo, Endah Sitaresmi, mengatakan situs yang lebih dikenal dengan Ponten Ngebrusan itu bakal dikembalikan fungsinya sebagai toilet publik. Pihaknya mempertahankan konsep masa lampau dalam detail engineering design (DED) revitalisasi.

“Karena ini benda heritage ya bentuknya harus dilestarikan. Bank Jateng terpilih sebagai mitra Pemkot dengan bantuan senilai Rp200 juta,” ujarnya saat ditemui wartawan di Balai Kota, Senin (21/10/2013).

Sebagai informasi, Ponten Ngebrusan didirikan pada tahun 1936 oleh Mangkunegara VII. Ponten yang telah berusia 77 tahun ini terbagi menjadi dua ruangan khusus putra dan putri. Ponten tersebut dulunya menjadi kamar mandi terbatas bagu kalangan bangsawan.

Sita mengatakan seiring waktu keberadaan MCK tersebut nyaris terlupakan. Meski sempat dipugar pada 2007, bangunan tersebut kini terkesan kumuh dengan dinding penuh lumut.

“Nanti akan dicat ulang semuanya. Dinding yang keropos juga akan diperbaiki dengan menggandeng BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya),” ujarnya.

Sita menambahkan pengelolaan wisata Ponten Ngebrusan nantinya dikelola oleh Paguyuban Reksa Lepen Kelurahan Kestalan. Menurutnya, paguyuban tersebut cocok mengelola ponten lantaran tengah getol mengembalikan fungsi Kali Pepe sebagai sarana wisata dan transportasi.

“Selain memulihkan ponten, dana bantuan diarahkan untuk tamanisasi di sekitar MCK.”

Sementara itu, Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesra Pemkot, Eni Tyasni Suzana, mengatakan Ponten Ngebrusan merupakan cikal bakal MCK di Kota Solo.
Keberadaan ponten menurutnya selaras dengan kearifan lokal yakni kebersihan dalam bermasyarakat.

“Situs MCK tertua ini dibangun dengan konsep yang diadopsi sampai sekarang,” ucapnya. Lebih jauh, Eni berharap pengelolaan ponten tak sekadar menghidupkan kembali situs sebagai aset cagar budaya.
Credibility: UP DOWN 0
Leave a Comment
Name:
Email:
Comments:
Security Code:
Captcha

Additional Reports

Serambi Masjid Agung Surakarta

13:54 Apr 29, 2012

Surakarta, 1.7 Kms

Pura Mangkunegaran Punya Gamelan dari Kristal - SoloBlitz

07:46 Jul 16, 2013

Surakarta, 1.76 Kms

Pura Mangkunegaran di Akhir Musim Liburan

12:14 Aug 25, 2012

Surakarta, 1.77 Kms