About

Pantau Pusaka Indonesia adalah sebuah awal langkah menuju terbangunnya platform Indonesian Heritage Inventory. Inisiatif ini akan menghasilkan satu sistem dokumentasi data sebaran pusaka, baik pusaka alam maupun budaya, yang ada di wilayah Indonesia.

Data sebaran pusaka itu terbuka untuk publik dan dapat diperbarui informasinya secara kolaboratif.

 

Publik dapat memperbarui informasi pada setiap data pusaka pada situasi terkini atau jika terjadi perubahan. Sistem informasi pusaka ini memungkinkan publik bisa melakukan update seketika saat terjadi peristiwa, baik yang positif maupun negatif terhadap kelestarian pusaka (heritage) tersebut. Publik bisa update informasi terhadap data pusaka yang sedang direnovasi atau sedang direvitalisasi. Publik juga bisa lakukan update informasi pada data pusaka yang mengalami kerusakan, terlanda dampak bencana, atau terancam oleh faktor alam maupun manusia.

 

Himpunan update data sebaran pusaka dan informasi kondisi terkininya akan memberikan gambaran utuh tentang profil pengelolaan pusaka Indonesia. Partisipasi publik menjadi prinsip dasar dan menjadi mekanisme pemantauan yang dinamis.

 

Sistem terbuka ini akan menjadi penyeimbang sistem yang dikelola secara sentralistik dan birokratik oleh pemerintah. Update situasi terkini situs dan kondisi terkini pusaka (heritage) akan jauh lebih banyak dan beragam muncul dari partisipasi publik dalam sistem ini daripada yang dikelola dalam sistem pemerintah.

 

Dinamika pendataan dan update situasi/kondisi terkini pada setiap data situs/pusaka yang terdaftar akan memberikan ruang respon yang cepat dan tepat. Setiap peristiwa yang terjadi dan potensial mempengaruhi kelestarian pusaka itu akan cepat terinformasikan ke publik. Tanggapan, dukungan, dan aksi adalah tindakan yang diharapkan muncul dari manajemen informasi ini.

 

Sistem ini dikelola dan dikembangkan dengan prinsip terbuka dan berbasis kerelawanan. Siapapun Anda dipersilakan untuk ikut bergabung dan aktif dalam inisiatif ini.

 

Januari 2012

 

Pemrakarsa dan Pengelola:

  1. Elanto Wijoyono (joeyakarta[at]gmail.com | 0815 7865 8586 | http://elantowow.wordpress.com) - Yogyakarta
  2. Adriani Zulivan (adrianizulivan[at]gmail.com | 0823 2461 2469 | http://adrianizulivan.blogspot.com) - Jakarta

 

Dukungan IT: iLab (http://www.ilab.or.id/)

e-mail:heritageinventoryid[at]gmail.com

website: http://heritageinventory.web.id

blog: http://indonesianheritageinventory.wordpress.com/

twitter: @PantauPusaka

SMS Gateway: 0838 977 01762

Group Facebook: Indonesian Heritage Inventory

Leaflet: Pantau Pusaka Indonesia (A4 berwarna .pdf 380 Kb)

Lisensi isi: Creative Commons CC-BY-SA 3.0

 

-

* Diperbarui pada Juli 2015